13 Juni, 2010

1 Juni 2010

Tanjung Kodok, Lamongan



05.00 Gue bangun dan ternyata kita dah di daerah Lamongan, tepatnya didepan wisata air Tanjung Kodok. karna masih agak gelap, gue males keluar, tidur lagi deh di bus.

05.30 Orang2 mulai pada keluar bus. yang cowo mo ngerokok, yang cewe mau mandi. Gue? males ah..paling juga ngantri, daripada ngantri, sekalian aja gue datengnya belakangan, jadi langsung masuk. hehehe..

Nih temen gue yang tingginya 180cm kalo gak salah, gitu bus brenti dia pindah kedepan, ke kursi kernet biar badanya bisa agak selonjor. kasian..


06.00 Lalu lintas di jalur tengah bus makin ramai. anak2 mondar-mandir sambil bawa handuk, perlengkapan mandi, dkk. tapi kok ada yang dah daritadi mondar-mandir kagak keliatan dah mandi ya?

06.15 Gue mutusin bener2 bangun dan mulai melakukan interaksi sosial dengan orang2 disekitar gue.

Gw : Lu dah mandi?
Dia : Belum.
Gw : knp? bukannya lu dah daritadi pergi katanya mau mandi
Dia : Airnya asin, gue mau gosok gigi aja pake air a*ua
Gw : (Jiaaahhh...)

06.30 Setelah mencari mitra buat ke kamar mandi, gue turun dari bus, mampir warung depan, beli a*ua 1.5 liter plus bawa air mineral dengan merk yang beda yang gue bawa dari Bandung. yup! gue mo mandi pake air a*ua T.T
oya, pas beli tuh a*ua 1.5 liter, mau tau harganya berapa? 2.5x lipat dari harga produk serupa kalo belinya di 711 depan kampus. Rp. 5000 saudara2. tapi harga itu gak seberapa kalo gue bayangin gue bakal jadi tiang garam di Surabaya nanti kalo gue berani mandi pake air asin.

ternyata sukses juga gue mandi pake air mineral 3 liter. jangan ditanya puas ato gak mandinya. hehehe..
sempet shock juga waktu baru mo masuk kamar mandi, gue ngeliatin ada temen gue yang lagi ngeringin rambut pake handuk. dia keramas cuy!

Gw : lu keramas, Re?
Rae : (dengan tampang polos cenderung sengak) iya
Gw : wuiiihh... (nyelonong masuk kamar mandi sambil nenteng 2 botol air mineral)

setelah masuk bus lagi, didapati beberapa temen gue gagal mandi, cuma pada gosok gigi doang. ada yang nekat mandi tapi kayaknya di bus gue gak ada yang senekat Rae. tentunya gue bangga dong mandi pake air mineral. kapan lagi lu mandi seharga Rp. 6300. biasanya juga di kos gratis. kalo di SPBU maksimal bayar Rp. 2000. hahaha..gue berasa amat tajir...dan menyedihkan (mandi aja mahal banget) hikss..

sarapan masih di spot yang sama. ngantri lagi..ngantri lagi..
hahaha..ngantri benar2 mulai merasuki alam bawah sadar rombongan Stupa ini.
udah ngantri dengan tertibnya (tertib >< tenang :D) sambil ngobrol2, lagi2 makanannya habis didepan Ms. Shorty while i'm behind her. jiaahh..

setelah nyari2 mbak2 yang jaga dan dikasih makanan tambahan dari meja sebelah (ini karna gue nyamperin ke meja sebelah, temen2 yang masih ngantri di meja yang tadi, masih menunggu dengan setia supaya pan stove dihadapan mereka penuh kembali. hehe..) gue, Ms. Fanta dan Ms. Shorty diarahin ke ruang VIP. hahaha..AC cuy! siiiplah..

karna ngeliat gue masuk ke ruang VIP, beberapa temen ngekor, pengen ngadem. hehe..
singkat cerita, rombongan langsung menuju pabrik pertama. Percetakan Jawa Pos.

sambil jalan, Pak Rojab sama anak2 adu tebak2an garing...dan memang terbukti beberapa diantaranya amat sangat garing. diantara tebak2an itu ada yang bilingual. Pak Rojab ngasih tebak2an dalam bahasa Sunda. jiaaahh...kita lagi di Lamongan neh -.-; lagian, mayoritas anak kelas gue, orang luar Bandung semua. mana ada yang ngerti tebak2an pake bahasa Sunda. alhasil Pak Rojab ngetawain tebak2annya sendiri.


=== J A W A .P O S ===

on the way to Jawa Pos, terjadi sedikit kesalahan. ternyata orang Jawa Pos ngasih alamat kantor padahal kita mau ke plant. gue lupa tepatnya ke daerah mana aja (karna gue tidur lagi pagi itu) tapi katanya kita dah 2x muter utara-selatan-utara Surabaya karna salah alamat.

Jawa Pos ternyata baru mindahin plant. kita disambut di lobby utama, dimana udah disiapin proyektor, laptop dan orang HRD yang nyambut. 170an bocah bersama 4 orang dosen duduk lesehan di lantai lobby yang diales pake kertas putih. belakangan dikasih tau kalo itu kertas buat nyetak koran. jiaahh..pantes waktu kita lagi mikir "nih lepas sepatu gak ya?" sama orang HRDnya dibilangin, "injak aja gpp", wong mereka punya banyak kok. heheh..

Jawa Pos punya PLTU sendiri. karnanya dia juga punya perusahan batu bara sendiri. dia punya pabrik kertas sendiri, percetakan sendiri (ya iyalah.. :P) dan ngedistribusiin produknya sendiri (ini apalagi).

plant percetakannya sendiri gak gede2 amat, tapi udah pake teknologi lumayan canggih kayak CTP (Computer to Plate) sama teknologi yang memungkinkan orang ngeprint langsung dari kantor mereka (perusahan percetakan Jawa Pos ternyata terima orderan lain juga), dll. Kesan jalan2 di plant percetakan mereka? P.A.N.A.S dan lumayan bising (ya iyalahhh..kalo adem dan tenang, itu sih bioskop) saking 'stress'nya gue habis perjalanan panjang terus langsung masuk plant, gue mpe gak ngerti waktu salah satu operatornya ngejelasin sesuatu ke gue. jadinya gue cuma ngangguk2 1/3 ngerti padahal dia lagi ngejawab pertanyaan gue (bukan cuma karna panas dan bising yang jelas mengakibatkan defisiensi otak gue tapi juga karna dia ngomongnya medok banget) parah..

yang mantep tuh pabrik kertas mereka. dari segi luas area, mesin2nya sampe baunya, semuanya mantep.
kali ini gue lebih banyak mingkem, jelalatan sana sini sambil terus ngusap jidat.
plantnya dah cukup rapi, memperhatikan K3 dengan baik, proses QCnya juga gak gitu ribet (keliatannya) dan beberapa hal2 keliatan lainnya yang sempet gue amati selain panas yang amat sangat menyiksa. habis gak mungkin nanya2 detail banget karna waktu yang udah habis di jalan waktu kita nyasar plus, dipikir2 ini industri proses, gak gitu ngerti euy. hehe..

waktu sesi tanya jawab, gue sempet nanya soal penanggulangan limbah, tapi kata manager produksinya, Jawa Pos gak menghasilkan limbah yang berbahaya.
sisa batu bara bisa dipake buat produksi batako, sisa kertas bisa didaur ulang. terakhir yang gue tanyain ttg limbah kimia hasil cuci plate kayak tinta-dll, katanya sebelum dibuang dah diolah dulu, jadi gak berbahaya buat lingkungan sekitar.

satu fakta penting : pemakaian jas almamater di tempat seperti ini bener2...bener2 deh.

habis foto bareng depan Jawa Pos, kita mampir makan siang di daerah Sidoarjo (kalo gak salah). restonya? hmm..keren dong. kayaknya chinesse food resto gitu.
baru masuk aja, di mejanya dah disiapin teh botol dengan beberapa merk. terlihat meyakinkan deh pokoknya. salut juga nih sama JP.
sambil makanan mulai disiapin, ditarik pake trolley makanan gitu ke tiap meja bunder, kitanya nunggu..nunggu..dan nunggu.
selama Stupa ya gitu..kalo gak nunggu ya ngantri. hehehe..
gitu makanannya dateng, kita langsung makan, gak pake nunggu2 lagi. laper cuy :D


=== S I N A R .B A J A .E L E K T R I K ===

Pabrik kedua di hari pertama : Sinar Baja Elektrik (SBE). Perusahan ini memproduksi amplifier. pabriknya rapi (banget) dengan line assembly yang panjang2 amat, mostly pekerjanya wanita, dan tentunya aroma aibon ada dimana2.
Plant layout SBE nih mirip sama kebanyakan plant layout yang kita rancang di Praktikum Tata Letak Pabrik (PTLP) / Plant Layout Object (PLO). pake tipe process layout dimana stasiun kerja yang butuh interaksi yang sangat intens dan intens diletakkan berdekatan. peletakan dan perancangan alat bantu juga masih kebayang alias gak jauh2 amat sama teori yang dikasih di kelas. jadi kalo mau liat apa yang diajarin di kelas dalam bentuk yang riil, SBE cocok banget. belum canggih2 teuing tapi dah sesuai dengan prinsip2 efisiensi. yaiyalah..dia masih pake orang di line assembly, emang mau secanggih apa.

waktu gue tanya ttg seberapa jauh penerapan otomasi sistem produksi yang kira2 akan dilakukan oleh pihak manajemen dengan segala resiko yang akan tercipta, setelah pemaparan yang panjang lebar dan luas, sama manager marketingnya gue dikasih kalimat kunci "yaa..pada akhirnya gak ada perusahan yang berubah menjadi yayasan sosial. pada akhirnya segala sesuatu ujung2nya duit"

well yeah..

oya, warehousenya bahan baku juga rapi. semua dah dikasih kode, peletakan yang baik.
kalo ada orang yang bilang "lha, bukannya emang harus gitu? kalo berantakan kan susah nyari barangnya"
weitss..jangan salah. pada kenyataannya masih banyak perusahan dengan skala produksi yang udah cukup gede tapi warehousenya masih berantakan.

trus gue nanya sama orang produksi yang nemenin grup kami "pak, itu disusun tinggi2, kalo gempa gimana?" (yang ini beneran lumayan tinggi, serem juga bayangin tuh kardus2 jatoh) dan jawaban yang gue dapet, "disini jarang gempa" (jiaaaahhh...)

oya, roti yang dari SBE enak :D
manager marketing yang in charge di sesi tanya jawab masal juga keren. orangnya asik. sedikit filosofis tapi jawabannya membumi.
di akhir sesi, tidak lupa dong dekan kami melakukan lobi2 politik yang disambut dengan kalimat seperti ini oleh orang SBEnya "yaa..kami terbuka bagi mahasiswa2 dari Unpar Bandung kalo mau Kerja Praktek (KP) ato kerja di SBE. silahkan ajukan lamarannya"
hahaha..
satu lagi, kalo kerja di SBE, berpotensi besar punya Mercy ato Lexus. i saw both of them at the parking area. hahaha..


=== H O T E L.E Q U A T O R ===

Beres dari SBE kita langsung menuju Hotel Equator buat check in. capek banget dan tentunya gue teramat sangat pengen M.A.N.D.I 0_+

wow! kamarnya keren!
bentuknya villa gitu. satu villa 4 orang : gw, Ms. Fanta, Ms. Shorty, Mbah.
gue dah bilang sama Ms. Fanta ma Ms. Shorty gue mau mandi duluan dan mereka dengan baik hatinya mempersilahkan gue mandi duluan. Mbah belum nyampe karna dia pindah bus.
abis mandi, seger banget. wuiiihh!!

dari Bandung gue dah janjian sama temen SD yang dah 13 tahun gak ketemu, temen SMA gue yang di Tomohon, dan berencana ngubungin temen SMA gue yang di Tokyo supaya bisa ketemuan, tapi dijalan gue lupa ngabarin. hehehe..nih lupaan kok parah banget ya.. T.T

malam pertama di Sby ceritanya mau ketemu temen SMA gue yang di Tomohon, her name is Tina. dari dulu gue gak pernah bener2 jelas dia ini sebenernya orang Manado apa orang Makasar. bawa2 fam Manado tapi logatnya Makasar. hahaa..gue teramat sangat bersyukur pernah kenal 'orang2 aneh' di sekolah asrama gue dulu. huaa..kangen asrama :D
sayang seribu sayang, Tina nya gak bisa ketemuan di malam pertama, bisanya di malam kedua, padahal gue dah janjian sama temen SD gue di malam kedua. yo weslah..liat besok aja.

karna gak jadi jalan sama Tina, gue, Ms. Fanta, Ms. Shorty, Ms. Pattz sama Mr. Mushroom mau cari makan yang bergizi. ceritanya mau perbaikan gizi. kita setuju, kalo bisa jangan ke mall, tapi kalo emang kepepet, ya mau gak mau ke mall.
..dan kita memang kepepet, sama waktu.
temen kita, Nike, anak Sby. kokonya dateng jemput dia, sekalian sama kita dan kita pun menuju Tunjungan Plaza (TP). wow..skarang TP dah mo dikembangin sama kayak Mall Kelapa Gading (MKG). skarang dah sampe TP 2 (jadi inget TP jadul, jaman gue masih balita. hehe..)
disana kita ketemu bonyoknya Nike dan akhirnya malah ditraktir makan. gak enak juga, habisnya kita ramean. hehe..makasih om, makasih tante, makasih ko, makasih Nike.



pulangnya langsung tewas di ranjang king size.
double king size diturunin atasnya, jadinya ada 2 ranjang. tapi yang bagian bawahnya keras banget. karna satu dan lain hal si mbah pindah ke villa anak kelas A, jadilah cuma gue, Ms. Fanta dan Ms. Shorty di villa itu dan karna ranjang yang satu keras banget, jadilah kita tidur mesra2an bertiga di satu ranjang yang empuk.

capek? jangan ditanya..
inilah tidur telentang pertama kami setelah sehari semalam di bus.

good night gladstone, hope tomorrow will be a great day :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar