14 Juni, 2010

2 Juni 2010

Ini adalah hari kedua gue dan 169 bocah lainnya menghirup udara Surabaya.

Jadi inget jaman2nya baca komik Doraemon, si Suneo kalo kemana2 suka masukin udara di tempat tsb dalam kaleng trus dibawa pulang. Suatu saat pas dia lagi mo pamer kalo dia punya banyak udara dari berbagai tempat tapi temen2nya gak percaya. Karna pengen banget buktiin kalo udara di tempat2 tsb beda ma udara mereka, akhirnya kaleng2 udara tsb dibuka satu2 trus temen2nya disuruh ngirup. yup! that's the way he proved it :)

bangun pagi kuterus mandi, siap2 terus sarapan (dinyanyiin)

sarapan di hotel Equator lumayan enak. gue lupa menunya apa, yang gue inget, sampe mo naik bus gue masih megang French Bread di tangan kanan dan butter di tangan kiri dan oh ya...satu butter lagi di kantong jas almamater gue. hehehe..(lupa juga itu roti keberapa setelah sepiring nasi dan lauk pauk)
hohoho..never underestimate skinny woman :D

hari ini terasa lebih fresh buat beramah tamah dengan panasnya Surabaya dan sekitarnya.
plant destination hari ini adalah PT. Tjiwi Kimia. itu lho..produsen kertas, yang juga setali tiga uang bikin buku, kalender ma poster2 gitu.

while bus 3&4 ke Tjiwi Kimia (TK), bus 1&2 ke Yamaha Elektrik.
oya, di hari pertama, gak semuanya ke Sinar Baja Elektrik. bus 1&2 ke Polygon.
TK, plantnya gede banget. kayak Jawa Pos, TK juga punya PLTU sendiri, Chemical Plant sendiri, pengolahan limbah sendiri dan tentunya produksi kertas percetakan sendiri (masa giliran bikin kertasnya malah numpang, itu mah bukan pabrik kertas namanya -.-;)

Kebutuhan batu bara untuk pembangkit listriknya sebesar 2500 ton per hari. Energinya disupply ke seluruh plant mereka. dalam waktu 1 bulan, TK memproduksi puluhan hingga ratusan ton kertas.
oya, mereka juga punya anak perusahan yang ngelola batu bara di Jambi dan pulp di Cikarang.
waktu gue tanya lebih jauh tentang bahan baku berupa gelondongan kayu yang mereka pakai, sama orang TKnya dibilangin kalo mereka terima jadi. singkat cerita, kalo mau nanya soal itu, nanyanya kudu ke cikarang. ntar ajalah kalo gitu, pas mau ke waterboom aja gue mampir nanya2. hehehe...

disini penerapan K3nya sangat baik. ada sistem kompetisi antar area untuk terus menjaga kesehatan dan keselamatan kerja, termasuk kerapihan, kebersihan, dll.
bahkan mobil gak boleh jalan diatas 20 km/jam di area plant. supir TK yang nyetir diatas 20 km/jam langsung dapet SP 3 (Surat Peringatan). sanksi yang sama kalo karyawan kedapatan bawa apalagi make rokok, pemantik, dan semacamnya.
kita gak ke PLTU dan chemical plantnya, tapi kita ke bagian produksi kertas sama percetakannya.

kalo liat line production percetakannya biasa aja sih. ngambil kertas cover, cetak, dipisahin berdasarkan jenis, jegrek sama kertas dalemannya, lipet, tumpukkin, masukkin kayak oven biar plastiknya neplak, hampir disetiap stasiun ada inspeksi, jadi hampir disetiap akhir satu stasiun suka ada tumpukan barang reject.

beres dari Tjiwi Kimia 2 bus bergerak balik ke arah Surabaya. disini sempat terjadi voting, mau ke Tunjungan Plaza (TP) ato mo ke Suramadu. ada yang bisa liat persamaan 2 pilihan tempat ini ga? gue sih gak..tapi yaa..pilihannya emang cuma itu. hehe..
knp kita disuruh milih?
karna tadinya dari JP dah bikin itinerary ke Suramadu, cuman karna animonya keliatan gak gitu bagus, maka sebagai penyedia jasa tour yang demokratis, mereka ngasih pilihannya ke 170an bocah yang katanya anak TI ini.

well, menurut gue, mall dibelahan dunia manapun (apalagi ini masih sama2 di Indonesia) sama aja. gue gak punya motivasi yang amat besar buat ke mall. pengennya sih ke Suramadu. ada yang bilang kalo sore, sunset disana bagus. at least, itu bisa jadi salah satu tempat hunting foto. hahaha..gue gak narsis ato gila foto dan gue juga bukan fotografer profesional. cuman, asik aja kayaknya bisa liat sesuatu yang baru disana...dibanding mall. sapa tau disana gue bisa menyaksikan dengan mata kepala gue sendiri bagian jembatan yang dah gak ada bautnya ato kalo gue lebih 'beruntung' dikit bisa menyaksikan aksi pencurian baut di Jembatan Suramadu. hehehe..

setelah beberapa kali denger kalimat 'di Suramadu gak ada apa2' dan kalimat2 lain yang senada dengan kalimat sebelumnya, akhirnya mufakat untuk ke TP aja.
sippo! kalo gitu gue gak ngikut :D

malam itu gue janjian sama long-lost-friend gue dari jaman SD. Let me introduce you to...Yovita Eka Citra Djatioetomo. jaman gue SD ma dia (kelas 1&2) dia selalu juara 1. mentok2 gue 2. jiaahh...
well, skarang Yovita kuliah di Unair, jurusan Kedokteran Umum. terakhir kali gue ngeliat dia itu 13 tahun yang lalu.
jamannya gue masih di Tokyo, Yovita pernah 'nyari' gue dan Ms. Bella lewat blognya dan melabel gue dan Ms. Bella sebagai 'temen yang ilang'.
setelah gue balik, dah sempet ada kontak ma dia dan inilah hari dimana gue akan berhadapan langsung dengannya. haha..hiperbola banget deh gue.

gue dah bilang kalo gue bareng 4 yang akhirnya jadi 5 temen gue dan dia juga dah janji buat nganterin kita jalan2 di Surabaya. mau wisata kuliner kek..apa kek..asal sebisa mungkin gak ke mall. itu ideologi hidup gue! (haha..sok pake kata2 aneh, tapi gak ngerti artinya :D)

Yovita yang tadinya bilang 'mobil gue kecil' akhirnya datang dengan T*yota In*va setelah gue bilang kalo gue juga bersama 5 ekor bocah lainnya. hehe..
setelah dikenalin, temen2 gue sama Yovita cepet berbaur dan dah mulai ledek2an. okelah kalo begitu..

di mobil, setelah puas dengan topik "si Donald Duck dari dulu badannya tetep kecil", sempet ngobrolin beberapa topik umum akhirnya sampailah pada topik terkini, Yovita skarang jadian sama temen SMP gue, Arie.
jadi kalo Yovita tuh temen gue jaman SD kelas 1&2, Arie adalah temen gue jaman SMP.
kalo Yovita pindah ke Sby dari jaman SD maka Arie pindah ke Malang pas mau masuk SMA. sampe akhirnya gue tau Arie kuliah di Sby, tapi mana gue tau mereka bakalan pacaran. hahaha..dunia sempit? gak..kayaknya cuma Indonesia aja. hehee...(FYI, gue SD dan SMP di Manado)

hmm..kayaknya emang gak semudah itu memegang ideologi! kami berenam akhirnya keluar dari mobil dan sudah berada di parkiran Surabaya Town Square alias Sutos. oya, logonya sama kayak Citos (Cilandak Town Square). hmm..dasar bocah2 kota. payah.. :D
makannya? di Chinese Food Resto. ahahahhaa...bener2 gak kreatif..
okelah, selama bisa ketemu dan ngobrol2 sama Yovita, gak jadi masalah. hahhaa..(payah nih, katanya ideologi -.-;)

habis makan...ke WC.
habis ke WC...ke Timezone!
astaga..hahaha..
yup! dikarenakan ada promosi entah apa, gue lupa, akhirnya terisilah kartu timezone dengan nominal..hampir 100rb kalo gak salah. jauh2 ke Surabaya, main di timezone. buset dah..
mau tau apa aja yang kita mainin?
1. Basket! Ms. Fanta gak pernah ke timezone dan gak main basket. at least, 10x dari 10 kunjungan gue dan Ms. Fanta ke timezone di Bandung, pasti nyapa mesin basket :-bd
2. beberapa mainan bocah dibawah 7 tahun, lempar2 bola masukin keranjang, dsb.
3. Tinju! Gue suka yg satu ini..hehe..tapi sayang, waktu Mr. Mushroom nonjok, gak berhasil mecahin rekor hari itu. padahal tinggal dikit lagi. yaahh..gak jadi deh mengukir sejarah di timezone Sutos. hahaha...

pulang ke hotel dianterin sama Yovita, sempet foto2 dulu di (vila? kamar?) hotel kami.





siap2 tidur, ini bakal jadi malam terakhir tidur telentang plus bantal yang lengkap dan selimut (kalo AC sih, di bus juga ada :P). pastinya gue bakal kangen sama kamar mandinya. haha..selamat datang kamar mandi SPBU dan rumah makan transit :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar