08 Juli, 2008

...an introduction to TI UNPAR (based on author's first year experience)

ada yang pengen tau pelajaran dasar ttg teknik-teknik kebanyakan? (ilmu teknik lebih tepatnya, bukan teknik nyari pacar dalam 1 minggu, jadian, dan putusin seminggu setelahnya; ato teknik nyontek tanpa ketauan; ato teknik jadi orang kaya tanpa bersusah payah)
masuk TI (TI Unpar indeed) hampir sama kayak nonton di blitz pake credit card mandiri (buy 1, get 1), lebih untung malah..
kalian akan mempelajari dasar teknik elektro dalam pelajaran Rangkaian Listrik&Elektronika yang menjemukan, dasar teknik sipil dalam pelajaran Mekanika Teknik dengan prestasi 'sebagian besar pasti ngulang dan yang gak ngulang kemungkinan besar karna hokinya besar juga', dasar teknik arsitektur dengan menggambar komponen mesin yang sebenernya menyenangkan cuma ada begitu banyak yang kudu diapalin (simbol2nya) sedangkan lu juga harus ngapalin rumus2 statistika dalam statistika industri yang praktikum awalnya di semester satu mengacaukan stabilitas hidupku tak terkecuali jam biologisku (jangan mikir macem2 karna yang kumaksudkan hanyalah jam tidur yang berkurang^^)
tentunya anda juga akan mendapatkan berbagai mata kuliah yang emang 'TI banget'. yang paling terkenal adalah Perencanaan Tata Letak Pabrik. Disitu anda akan belajar gimana bikin pabrik, mulai ngurusin gaji cleaning service mpe direktur, nentuin letak line produksi sampe ngurusin warna tulisan 'utamakan keselamatan' yang hasil akhirnya adalah satu papan tripleks gede (pake 'banget' kalo boleh) yang isinya gambar warna/i sama sama kayak main harvest moon (jadul amat dah) dengan perspektif mata burung
dengan masuk TI Unpar, anda bisa mendapatkan ilmu2 berharga diatas..

hidup di TI Unpar tuh menyenangkan..
anda akan berkenalan dengan orang/benda/sistem hebat seperti Tugas Pendahuluan, Tes Awal, Praktikum dan kalo beruntung anda juga bisa mendapatkan Tugas Tambahan sebagai bonus (no doubt about it, it is absolutely free of charge) dalam satu paket yang bernama Praktikum yang akan mewarnai hidup anda selama (paling cepet) 4 tahun
yup, sistemnya sudah diset sedemikian rupa sehingga anda tidak akan bisa kabur dalam kurun waktu kurang dari yang telah saya sebutkan diatas..

setelah info2 berharga (baca : kabar buruk) diatas...
relax...
masih ada kabar baiknya juga..
mulai tahun ajaran 2008, kurikulum akan diubah sedemikian rupa sehingga tidak ada lagi praktikum yang mengejutkan (dalam artian harafiah) dan hidup kalian akan tidak jauh berbeda dengan anak HI (Unpar juga) hingga kira2 hingga anda memasuki tingkat 3..

oya, soal lapangan kerja..
nyantai, konon..(this one wasn't based from my experience) lapangan kerja terbuka lebar untuk lulusan Teknik Industri.
dengan pelajaran macem2 yang anda pelajari semasa kuliah, you will be able to do many kind of job..
gue pernah nemu lulusan TI kerja di...
astra, P&G, perusahan luar negri lupa namanya apa, buka usaha sendiri, Orang Tua Group, BCA, perusahan2 manufaktur, dosen, Bank Mandiri, pialang saham, ibu rumah tangga, sampe sopir taksi blue bird (yang ini bukan lulusan Unpar tapi TI juga ^^)

so..
welcome to the Industrial Engineering Department on Parahyangan Catholic University
where everyday is a daylight :d

1 komentar:

  1. bullshit !!!
    kuliah di TI unpar ga ada enaknya. lo cuma bakal jadi katak dalam tempurung. waktu lo abis depan komputer sama buku. jangan ada yang mau masuk TI unpar..
    cari TI yang lain aja.
    dosennya sok netepin standar tinggi ga guna, uang kuliah mahal fasilitas minimal.
    praktikum aja masih nebeng ke ITB..apa yang mau dibanggain ???

    BalasHapus