01 Oktober, 2010

Kerja Praktek (KP)

Sidang Kerja Praktek (KP) udah beres. Seneng deh. Sedikit bernostalgi(l)a dengan masa-masa KP. Kami (Ms. Fanta, Mr. Sombong dan gue) KP di Cimahi, di salah satu produsen gitar elektrik nasional (untuk kebaikan bersama, nama perusahaan dirahasiakan :P). Masa-masa dimana kami bermacet ria di jalan yang sempit dan berlubang di daerah Cimahi. Sampe akhirnya daerah deket pabrik yang dituju ternyata diklaim sebagai Cimahi Coret (bener-bener ada plang dengan latar biru, tulisan 'Cimahi' warna putih dan coretan diagonal berwarna merah). Masa-masa dimana kami pusing keliling-keliling muter otak mau fokus ngurusin apa di pabrik itu, gimana caranya, dll. Masa-masa dimana kami menciptakan cerita konspirasi yang kebenarannya amat sangat diragukan karna cerita itu tergolong fiksi yang diciptakan oleh imajinasi tingkat tinggi otak 3 bocah yang sudah teracuni dengan polutan dan teh botol yang ada di pabrik.

KP kudu diambil saat mahasiswa lain pada ngambil Semester Pendek (SP). Itu berarti masa KP = masa SP = Juni-Juli. Karna awal juni angkatan kami Studi Pabrik (Stupa) Surabaya-Bali, jadilah KP kami mulainya pertengahan Juni, tepatnya 14 Juni 2010. Harusnya sih beresnya 30 Juli, tapi karna satu dan lain hal, kami masih ke pabrik beberapa kali di bulan Agustus. Tenggat pengumpulan laporan KP sempet diundur. Yang tadinya kudu ngumpul 18 Agustus (kalo gak salah) jadinya 20 September. Hehe..lumayan kan tuh, mengingat laporan kami belum beres deket-deket 18 Agustus (walaupun kalo dipaksain ya pasti beres-beres juga. Hehe..).

Beberapa hari sebelum 20 September, kami bertiga masih ngerjain laporan di koridor gedung 8. Tepatnya didepan laboratorium Sistem Produksi. Sore itu mendung, trus hujan deres, trus entah apa lagi, pokoknya suasananya mellow banget. Tapi gak ada waktu buat bermellow ria, kita kudu beresin laporan KP sore itu juga karna ada deadline tertentu dari dosen pembimbing. Karna dah sore, orang-orang (mahasiswa) dah pada pulang, yang tersisa pekarya sama beberapa dosen. Pas kami bertiga lagi berkutat di depan 2 laptop dan beberapa bundel laporan KP yang dah dicorat-coret sama dosen pembimbing, tiba-tiba lewat seorang dosen yang kemudian berbaik hati menyapa kami bertiga (yang isinya kurang lebih gini),

Mr. Y : “wah..dah sore gini belum pulang?”
(salah satu dari kami kemudian menjawab dan salah dua dari kami nyengir)
gue : “hehe..iya pak”
(Mr. Y kemudian berlalu memasuki salah satu ruangan di koridor itu hingga akhirnya keluar lagi dan nyeletuk lagi)
Mr. Y : “emang bakal selesai sore ini?”
Mr. Sombong : (sepertinya reflek sambil becanda) “kan bisa subkontrak pak”
Gue : (senyum sambil ngangguk-ngangguk)

Yup! Sepertinya ketiga bocah di koridor itu mengerti apa yang harus dilakukan kalo ntu draft laporan KP kagak beres sore itu. Subkontrak! Itu diajarkan di mata kuliah Sistem Produksi. Salah satu cara yang bisa dilakukan suatu perusahan apabila kapasitas produksinya tidak mampu mengerjakan permintaan yang ada. Hal ini dilakukan dengan melakukan hubungan bisnis dengan perusahan lain yang bisa membuat satu atau beberapa part yang dibutuhkan dalam proses produksi.

Sebagai contoh, pabrik motor melakukan subkontrak dengan perusahan lain untuk memproduksi bracket engine. Jadi si pabrik motor kagak perlu repot-repot ngerjain bracket engine sendiri buat produk dia. Tinggal tunggu aja perusahan subkontrak ngirim bracket engine dah jadi. Dalam kasus kami, mungkin bab pengolahan data ato bab analisis bisa di-subkontrak-kan. Hehehe…. Tenang, kami gak bener-bener niat ngelakuin itu kok :D

Thx God sidang dah beres. Berjalan dengan cukup baik. Semoga hasilnya juga baik. Hehe.. Oya, salah satu dosen penguji kami adalah dosen yang terlibat dalam obrolan singkat diatas. Gak tau deh dia masih inget sama 3 bocah yang nyore di koridor gedung 8 dan berinisiatif men-subkontrak-kan kerjaan mereka ato gak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar