22 April, 2010

Maaf, aku cuma bisa ngasih itu..

Di perjalanan gue dari kos menuju RS. Boromeus, gue tuker angkot deket simpang Dago.
Di jalan masuk kearah Jl. Sumur Bandung itu, ada tempat angkot suka nurunin penumpang yang 'dihuni' sama anak-anak jalanan yang ngamen, minta-minta atopun sekedar nongkrong.

Siang itu, pas gue turun dari angkot, ada anak kecil, perempuan, pake baju kayak baju tidur warna merah dengan corak bunga-bunga kecil, berambut pendek, agak tembem, keling dan cemong ngedeketin gue dan langsung ngangkat tangan mau ngambil botol air mineral yang lagi gue pegang.
karna seperti biasa kalo lagi jalan, pikiran gue kemana-mana, gue kaget ngeliat anak itu bereaksi seperti itu kearah gue. spontan gue ngomong "ntar yaa" sambil berusaha ngelewatin dia dan bayar angkot while at the same time, anak itu masih ngulur-ngulurin tangan kearah botol minum gue.

setelah beres bayar angkot, gue mulai fokus ke arah anak itu dan dia masih mencoba merebut botol air itu dari tangan gue sembari ngomong agak gak jelas seperti minta minum.
melihat gesture itu, gue bilang "bentar ya, aku beliin dulu". trus muka anak itu langsung berubah agak ceria. pas gue mo jalan ke kios terdekat dia ngomong "susu..susu". gue kaget. gak nyangka dia bakal ngomong gitu. tadinya gue pikir dia haus doang, ya di kepala gue, bakal gue beliin air mineral.
by request, akhirnya gue ke kios dan berencana beli susu. agak lama nunggunya karna yang jagain kios lagi sholat. setelah ibu di kios itu beres sholat, gue beli satu kotak susu coklat. gue bukain sedotannya dan langsung ditancepin.

skarang posisi anak itu dan gue hadap-hadapan tapi dipisahin sama jalan. gue melambai-lambai ke arah dia trus gue bilang "sini..".
bukannya jalan ke arah gue, anak itu malah ngikutin gerak tangan gue dan balas ngomong "sini.."
agak kesel karna sepertinya gue 'diperintah', gue agak tegas, masih melambai-lambai tanpa lupa ngomong "sini.."
dengan penegasan yang kurang lebih sama anak itu juga melakukan hal yang sama.
barulah gue sadar...
"bego banget gue, masa' tuh bocah gue suruh nyebrang kesini. mau lu apa sih virgin?"
akhirnya sambil senyum-senyum malu (bodo amat deh ada yang ngeliatin ato ga :D) gue nyebrang dan gue kasih ntu susu ke tangan anak itu.
gitu nerima susu dari gue, anak itu langsung balik badan bubar jalan.
eh..eh..gak bisa begini nih. saatnya memberikan pelajaran moral.
gue ngomong agak kenceng sambil senyum "terima kasih" (setelah itu gue mikir. ngapain pake senyum, orang gue dipunggungin kok :D) dan dia pun menjawab sambil lalu (tanpa noleh) "a..a...iiii" yang terjemahan bebasnya adalah "terima kasih"

gue ngomong gitu, bukan karna gue gila pamrih, pengen diakuin, dkk. tapi gue pengen ngajarin anak itu dari kecil, untuk selalu berterima kasih. bukan sama gue, tapi sama Tuhan yang terus pelihara dia, dalam keadaan seperti apapun dia, lewat orang-orang, yang bisa jadi gue, bisa juga lu.

gue pergi sambil senyum-senyum sendiri (lagi2 :D) kali ini mau disangka gila pun gue gak peduli. karna gue seneng. berkali-kali gue noleh sambil jalan (untung gak nabrak ato masuk lubang) ngeliatin bocah kecil berambut tipis dan merah karna sering kena sinar matahari, berbaju merah yang berjalan sambil memegang kotak susu.
sempet terlintas anak tetangga gue yang umurnya kira-kira sama dengan anak itu, masih digendong-gendong mak-bapaknya, masih dipakein pampers, masih disuapin. tapi anak itu..dipelihara Tuhan dengan cara yang berbeda.

dalam hati gue ngomong "Maaf, aku cuma bisa ngasih itu..."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar