28 April, 2010

Perancangan Produk

Semester ini ada mata kuliah Perancangan Produk. gak cuma kuliah doang, mata kuliah ini lengkap dengan tugas besar yang mengharuskan kami merancang suatu produk, mulai dari survey pasar sampe bikin prototype. Produk yang akan dibuat termasuk dalam 3 kategori : peralatan rumah tangga, lampu dan alat bantu presentasi. kenapa tiga kategori itu? tanya dosen gue :D

kelompok gue dapetnya setrika. pasarnya usaha laundry kiloan yang (biasanya) bertebaran di daerah kampus. pasar sekundernya baru ibu2 rumah tangga dengan tingkat ekonomi menengah.
setelah ngerjain berbagai macem 'remeh temeh' yang tentunya gak bisa diremehkan kecuali gue pengen ngulang mata kuliah ini tahun depan :P, sampailah kami di penghujung minggu deadline terakhir; SHOW CASE (sama laporan tertulis yang terakhir, jangan lupa :D)

konsepnya ngalah2in SAA Awards nya anak ars. ntar kita kudu buat prototype dan story board trus dipajang selama beberapa lama, diliat orang2, dosen, asisten pada ngasih nilai, blablabla...

ngomong2 soal material prototype ini ada yang unik-aneh bin ajaib. temen gue ada yang mo bikin base lampu pake coran semen. astaganagabonar...
entahlah..sempet sih gue ngobrol2 dan kasih masukan (yang bener aja masa bikin base lampu doang pake semen -.-;) dan akhirnya kita cuma ketawa2 karna ide itu berasal dari temen sekelompok dia.

nah..kelompok gue yang sederhana, berpikiran praktis dengan otak yang kecil, berencana mau bikin (ehh..mesen maksudnya :P) prototype dari stryfoam. kenapa gue bilang mesen? karna kami berlima gak ada yang dirasa berkompeten untuk mengerjakan itu by ourselves, terlalu malas untuk berusaha dan punya sedikit efek budaya instan yang melekat dalam pola pikir kami. hehehe..

so, here's the plan..
hari ini kami (3 dari kami) bakal ke balubur, nyari tukang dekor berbahan stryfoam untuk bantu kami mewujudkan prototype setrika yang sesuai dengan rancangan kami. makin kesini gue makin salut sama anak desain produk -DP- yang terbiasa ngebolang seumur mahasiswa mereka buat merealisasikan ide2 aneh di kepala mereka with their own hands. gue pernah bilang sama Mr. Makti, temen gue anak DP Itenas, kalo gue kuliah DP, bisa gak lulus2. mengapa? karna mereka kerjain satu proyek selama satu semester tanpa deadline yang jelas. yang penting ntar beres dan ikut pameran. itu berarti gue bakal keteteran, consider i'm a real deadliner :P. pasti sulit untuk beradaptas.
kembali ke balubur. mungkin nanti disana kami akan belajar teknik2 ngerjain dekor ato prototype kami dengan bahan stryfoam.
setelah itu asistensiin progressnya..
dan balik lagi ke balubur kalo masih ada yang kurang.

oya, jangan lupa bagian penting lainnya...STORY BOARD.
masih ngelanjutin kerjaan2 kemaren yaitu..gue menghandle segala jenis kerjaan yang berhubungan dengan gambar. puji Tuhan teramat sangat, sketch story board di laporan sebelumnya boleh selesai dan lumayan dibilang bagus (idenya..bukan gambarnya :P) sama asisten kami. nah..skarang proyek besarnya adalah bikin poster dan gue berencana nambahin story board satu lagi yang..hohoho..ntar deh gue upload fotonya kalo dah jadi. semoga bagus. hehehhe...
dalam pengerjaan poster ini gue bekerja sama dengan Mr. Mushroom dalam perumusan konsep, citra, and so on. teknisnya? Mr. Mushroom dooongggg :D
kalo dulu mikir "kuliah TI lama2 bisa nyerempet kemana2" kalo skarang jadi mikir "ntar apa gue kerja di bagian advertising aja ya?" hahaha...(kayak betuuull aja gue :D)

well, bentar lagi Mr. Mushroom dateng. kami kudu ke balubur.

bye2 gladstone, i got prototype to make today. wish me a very good luck :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar