26 April, 2010

"Yo to yo... - keramaian yang tak ku mengerti"

Hari ini kuliah jam 7. yup! jam 7 pagi saudara-saudara, karna gue kuliah kelas reguler, bukan ekstensi. harusnya gue kuliah nonstop mpe 12am. harusnya hari ini kembali mengulang sejarah hari senin yang telah lalu di semester ini, yaitu sehari bersama Mr. Clocky. jadi, dengan tidak datangnya Mr. Clocky hari ini, liburlah sudah.
tapi ternyata ane gak bisa libur saudara-saudara, kudu jaga praktikum T.T

siang yang terik. kalo aja mungkin gue gak ke lab -yang jelas2 gak mungkin, pasti gue dah mendekam di kosan.
dengan langkah yang berat -seriously, beneran gue jalannya lelet banget, gue keluar kosan. matahari masih gencar2nya menyinari bumi bagian timur, dimana kegetolannya kurang lebih sama kayak matahari department store ngadain sale.
nyengat banget. errr...
tapi belum lama2 amat gue jalan, tiba2 terasa adem. awan menghalangi cahaya matahari. hohoho...(pake gaya pahlawan bertopeng)

yuppy! Tuhan selalu punya cara yang indah. 'Tiang' awan masa kini :D

kelompok yang gue jagain telat 15 menit. waktu gue liat di depan pintu baru ada 3 orang. 1 orang masih di WC lagi sisiran (FYI, orangnya cowo), 1 orang masih di WC juga (astaga..di WC ada apa sih, jadi penasaran -.-;) dan 1 lagi nyari tempat pensil (ceunah) astaganagabonar...
bolong di name tag pun tak terhindarkan lagi.

to be short, beres praktikum, gue, pak kordas dan Mr. Dandy makan bareng. nih dah gak jelas lagi makan siang, makan sore ato makan malam.
sepertinya gue salah mesen makanan karna makanan mereka berdua udah habis, makanan gue belum dateng T.T
dua bapak2 yang ada di hadapan gue berbahasa jawa for sure. yang satu dari semarang, satunya lagi dari pekalongan.
mereka kadang suka asik ngobrol pake bahasa yang sulit gue ngertiin itu dengan tone yang rendah ritme yang lumayan cepet. kondisi seperti inilah yang membuat gue cuma bisa denger kata 'yo to yo...' dan tawa mereka berdua.
bukannya gue dicuekin, wong ngomong ama gue aja mereka pake bahasa jawa. aduuuhh.. T.T

karna status mereka adalah nungguin gue makan, jadilah mereka mulai aneh2.
ceritanya Mr. Dandy haus dan minumnya dah habis. ide paling kreatif yang muncul adalah minta minum sama pak kordas dengan cara....
nuangin isi gelas pak kordas kedalam gelas Mr. Dandy. jika sisa minuman pak kordas yang udah dipantat gelas adalah bagian utuh, maka 5/6 bagian dituangin sama Mr. Dandy ke gelasnya. bener2 cara minta minum yang paling kreatif di jaman ini.

karna ternyata pak kordas masih haus sedangkan sumurnya udah dikeringin sama Mr. Dandy, jadilah dia beli minum lagi.
tertarik dengan makanan gue, pak kordas nyomot pake sumpitnya. ceritanya mau bagi dua sama Mr. Dandy. karna dia kesusahan motong ntu ayam pake sumpit dan setelah gue ngeledek cara dia pake sumpit, jadilah ayamnya diletakkin di piring Mr. Dandy, dengan harapan, Mr. Dandy bisa lebih baik dalam hal menggunakan sumpit.
hasilnya?
gak pake motong2, ayamnya masuk mulut Mr. Dandy tanpa ada pemberitahuan apapun terlebih dahulu. pak kordas cuma bisa cengok ngeliatnya. hahaha..
setelah ngobrol2 lagi, sepertinya Mr. Dandy haus lagi. ngeliat ada segelas raksasa es teh manis di depan pak kordas, Mr. Dandy mulai mencondongkan badannya kearah minuman pak kordas dan berbekal sedotan, Mr. Dandy menyedot (lagi2 hampir) habis isi gelas pak kordas.

setelah adegan perampokan terkini yang dilakukan berkali2 oleh Mr. Dandy terhadap pak kordas, datanglah 2 konco lagi.
perkenalkan...Mr. Smiley dan Mr. Glassy.
keadaan menjadi tambah buruk buat gue karna mereka berempat ngomong pake bahasa jawa. aaaaarrrghhh...
percakapan berjalan seru karna mereka ketawa2 (entah karna apa) dan gue juga ikutan ketawa (karna gak ngerti apa yang mereka omongin dan gue cuma bisa nangkep bagian akhirnya. "yo to yo...")
mantep deh pokoknya!
percakapan kami berlima akhirnya ditutup dengan pembelajaran potongan2 kata bahasa jawa yang beberapa diantaranya gue ragukan kebenarannya. bukan apa2, tapi lebih karna tindakan hati2 gue takut diajarin kata2 yang gak bener dan gue salah makenya. haduuuhh..

sejauh ini dah bisa denger, ngerti dan ngomong palembang, dah bisa denger, agak ngerti dan agak ngomong sunda. jadi skarang, misi gue adalah belajar bahasa jawa. paling gak bisa ngomong satu kalimat dengan baik. yo vocab ne, yo grammar ne, yo pronounciation ne..pokoke semua ne. hahahahhaa...ngasal abis...

"yo to nduk..yo to le..yo to yo.." :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar